728x90 AdSpace

Minggu, 12 Juni 2016

MoU KAI dengan Singapore MRT

Bertempat di Kantor Pusat SMRT Corporation, Singapura, Dirketur Utama KAI Edi Sukmoro bersama Direktur SMRT International Goh Eng Kiat menandatangani MoU antara PT Kereta Api Indonesia (Persero) dengan SMRT International Singapura di bidang transportasi khususnya LRT di Indonesia, Minggu (12/6). Ruang lingkup kerja sama saling menguntungkan yang disepakati oleh kedua pihak dalam MoU tersebut antara lain: Perencanaan dan implementasi Proyek LRT, operasional dan perawatan sistem LRT, pelatihan dan pengembangan SDM dalam hubungannya dengan operasional dan perawatan sistem LRT, pendanaan proyek sistem LRT, dan kerja sama lain berdasarkan pada prinsip kesetaraan dan saling menguntungkan.

Edi mengaku gembira dapat menjalin kerjasama dengan SMRT yang telah dikenal memiliki reputasi yang baik dalam mengoperasikan transportasi darat di Singapura, khususnya Metro Line. "KAI tertarik untuk belajar pengalaman dari SMRT dalam pengoperasian LRT dan pengembangan bisnis lainya seperti pengoperasi bus kota, taksi, dan rental kendaraan," ujar Edi. Sebagai tindak lanjut dari penandatanganan nota kesepahaman ini, dalam waktu dekat KAI akan mengirimkan delegasi terkait untuk membahas lebih detail implementasi kerjasama nyata antara kedua pihak. Sementara itu, Goh Eng Kiat memberikan apresiasi dan harapan yang sangat besar setelah dilaksanakannya penandatanganan MoU ini. "SMRT International berharap dapat segera mewujudkan partisipasi dalam proyek pengembangan transportasi KA di Indonesia bekerja sama dengan KAI sebagai mitra strategis di Indonesia," ujarnya. Tanpa disadari, ini merupakan sebuah peningkatan yang dibuat oleh PT Kereta Api Indonesia untuk memudahkan masyarakat Indonesia dalam hal transportasi  umum. Hal ini pula menjadi salah satu solusi untuk kemacetan yang terjadi di Indonesia.

SMRT International merupakan anak perusahaan dari Holding Company SMRT Corporation, merupakan operator transportasi publik di Singapura yang mengoperasikan 180 Km jalur MRT dengan 83 stasiun dan melayani 2,5 juta penumpang per hari. Di samping itu, SMRT juga memiliki 1.200 armada bus, dan lebih dari 3.500 armada taksi yang melayani transportasi intermoda di seluruh wilayah Singapura. LRT sebagai singkatan Light Rail Transit adalah salah satu sistem kereta api penumpang yang beroperasi dikawasan perkotaan yang konstruksinya ringan dan bisa berjalan bersama lalu lintas lain atau dalam lintasan khusus, disebut juga tram. LRT atau yang dapat diartikan kereta api ringan banyak digunakan diberbagai negara di Eropa dan telah mengalami modernisasi, antara lain dengan otomatisasi, sehingga dapat dioperasikan tanpa masinis, bisa beroperasi pada lintasan khusus, penggunaan lantai yang rendah (sekitar 30 cm) yang disebut sebagai Low floor LRT untuk mempermudah naik turun penumpang. (PR KAI)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: MoU KAI dengan Singapore MRT Rating: 5 Reviewed By: kampunggabungmakmur
Scroll to Top